RSS

Selasa, 10 Januari 2017

Cotton Bud

Ada yang punya kebiasaan selalu pake cotton bud sehabis mandi setiap harinya ? kalo ada, sama dong kayak pak suami, di rumahku cotton bud itu kebutuhan primer, hukumnya wajib selalu ada. pernah sekali kehabisan, maka diutuslah qutbi buat minta ke mommy nazel, untungnya dapet. kalo ga ada juga, bisa2 ga tidur itu pak suami semaleman karena telinganya terasa gatel ga dikilik :P.
padahal menurut dokter THT penggunaan cotton bud itu kurang bagus yaa buat kesehatan telinga, malah mendorong kotoran teling semakin masuk kedalam, dinding lubang telinga bisa robek atau yang lebih parah lagi gendang telinganya yang tertusuk karena gerakan menggesek yang agresif. selain itu Faktanya, kotoran telinga juga memiliki manfaat, yakni untuk melumasi dan menjadi antibakteri dalam telinga sehingga telinga tak gampang terasa kering. tapi karena sudah menjadi kebiasaan, penggunaan cotton bud sulit sekali buat dihilangkan.
nah kejadian kemarin nih sama pak suami, pas lagi asyik2nya bersihin telinga pake cottonbud, eh setelah ditarik ternyata kapasnya ketinggalan di dalam telinga. gimana coba cara ngeluarinnya. dia sih nyantai aja, malah aku yang agak panik, langsung kuajak ke dokter THT tapi pak suami malah ga mau, coba dulu keluarin sendiri katanya. kucobalah ngambil kapasnya pake peralatan bersihin telinga si qutbi yang ada lampunya, eh ternyata kontur telinga orang dewasa dan anak2 itu beda yaa :P setelah disenterin kapasnya itu ada jauh sekali di dalam telinga, manalah aku berani buat ngoreknya.
terus inget kalo dulu pas si mommy ngajakin nizar ke dokter THT buat bersihin telinga, treatmentnya itu cuma disemprot air aja pake suntikan gede terus semua kotorannya keluar sendiri, kusuruh coba juga semprotin air ke dalam telinga, pas dilihat lagi pake senter eh yang ada malah kapasnya semakin terdorong ke dalam :(
terus malemnya kepikiran buat netesin olive oil aja ke telinga, terus tidurnya sengaja miring ke kanan dengan harapan kapasnya kan meluncur sendiri keluar. apakah cara itu berhasil ? tentu saja tidak saudara2, kapasnya tetap aja nyantai dalam telinga, yang ada besoknya telinga malah terasa budek karena minyaknya terserap ke dalam kapas. tetapi karena itu hari senin dan pak suami harus ngantor ke Prabumulih, maka diputusin buat ke dokter THTnya nanti malam saja.
pas aku nganterin qutbi berenang, ketemulah sama ummi chika, akupun lalu cerita soal kejadian cottonbud itu, si ummi nyaranin memang sebaiknya ke dokter THT saja karena peralatan mereka lengkap,  mungkin nanti lubang telinganya itu akan disedot pake semacam alat hisap, sudah deh keluar kapasnya. kupikir bener juga yaa, masuk akal kalau begitu caranya buat ngeluarin kapas, bukannya disemprot air kayak kemarin, kan kapas beda dengan kotoran telinga.
terus aja kepikiran sampe akhirnya pak suami pulang, kuceritain kl nanti kemungkinan dokter THTnya bakalan pake sejenis penyedot buat ngeluarin kapasnya lantas pak suami punya ide buat pake vacuum cleaner aja yang sedikit dimodifikasi. juara banget ga tuh idenya :P lantas mencobalah kita memodifikasi ujung vacuum cleaner, persis kayak adegan di film 3 idiot pas merubah vacuum cleaner buat jadi alat vacuum ngeluarin bayi :D. kita pasang sedotan air minum dengan dilem pake lakban di ujung penyedot vacuum cleaner biar bisa masuk ke dalam lubang telinga terus ujung sedotan air minumnya yang satu lagi dililit pake hansaplast biar jadi empuk. tapi seperti biasanya keberhasilan memodifikasi alat itu cuma terjadi dalam film saja, setelah dicoba ternyata tekanan sedotannya malah jadi kecil. lagian kl dipikir2 skrg ini untung saja tidak berhasil yaa kita memodif alatnya, kl berhasil apa ga ngeri tuh membayangin lubang telinga disedot pake vacuum cleaner, bisa2 malah mungkin akan menimbulkan kerusakan yang lebih fatal lagi yaa. alhamdulillah Allah masih melindungi kami.
sudahlah sepertinya memang harus ke dokter THT kataku kepada pak suami. pas pak suami lagi siap2 ganti baju, iseng aku googling cara mengeluarkan kapas cottonbud yang tertinggal dalam telinga, lantas nyasarlah ke blog ini, dan ternyata banyak sekali yang comment kl berhasil. lantas pak suamipun iseng mencoba tipsnya, dan ternyata beneran berhasil lho, alhamdulillah terima kasih ya Allah, terima kasih banyak juga buat mas Randu yang sudah berbagi tips.
terus ada yang penasaran gimana caranya ?  ternyata gampang sekali, cuma pake lidi yang dipatahkan pake tangan kira2 sepanjang 7-10 cm, biarkan ujungnya berserabut karena nanti serabut inilah yang akan mengikat kapasnya. masukkan dalam telinga terus putar secara perlahan, terus tarik deh, insya Allah kapasnyapun akan ikut tertarik keluar.
jadi jangan panik dan langsung ke dokter THT kalau kapas cottonbud tertinggal dalam telinga yaa..:D


7 komentar:

Bunda Bibi mengatakan...

Thank you, yang sangat membantu itu mas randu, saya cuma sekedar ngeshare aja :D

Arman mengatakan...

ya ampun.. untung akhirnya bisa keluar ya... hahaha

Bunda Bibi mengatakan...

iya man, Alhamdulillah :D

Leony mengatakan...

Masyaampunnn! Kalau gitu next time udah tau ya, gak boleh lagi deh pake cotton bud. Kalau mau bersihin depan2nya aja.

Bunda Bibi mengatakan...

udah tahu sih non, tapi teteup aja, nagih katanya :P

Anonim mengatakan...

Isshh...sama persis dengan suamiku, jeng. Cotton bud itu kebutuhan primer buat dia. Da kalo dia udah 3x kejadian kapas ketinggalan di dlm telinga, dan tiga2nya terpaksa pergi ke dokter THT sampe dokternya dah hapal, ini pasti buat ngeluarin kapas yaa...hahahahaha....

Btw, makasih juga sharingnya yaaa...jadi tau kalo kapan2 kejadian lagi gak perlu ke dokter THT lagi :D

Nyayu Miftahul mengatakan...

hahaha ternyata memang banyak orang yang hobinya pake cottonbud yaa.
iya lis, nambah lagi deh kegunaan dari sapu lidi :P

Posting Komentar