RSS

Selasa, 07 Januari 2014

Bikin Paspor Yuk....

Dari hari rabu minggu yang lalu sibuk banget ngurusin mau bikin paspor, hehe sebenernya ga sibuk2 amat sih, cuma karena digangguin anak2 jadi kok rasanya riweuh deh. pilihan jatuh pada pembuatan paspor dengan cara online, dengan pertimbangan kalo lewat online kita cuma perlu 2 kali datang ke kantor imigrasi. jadi buat yang pengen ikutan bikin paspor dengan cara online juga silakan kunjungi website imigrasi di www.imigrasi.go.id. Kemaren itu yang mau dibikinin paspor itu chibi dan qutbi aja karena ortunya kan sudah ada, kebetulan si mommy juga mau bikin jadi makanya dibarengin biar bisa nitip bikin buat anak2 :)
Nah berdasarkan pengalamanku kemaren itu cukup simple kok, tinggal daftar di sini terus upload dokumennya yang terdiri dari KTP, Kartu Keluarga, Ijazah/akte lahir/buku nikah. kalau untuk anak2 yang diupload itu terdiri dari akte lahir, kartu keluarga, KTP ayah dan ibu, surat nikah, dan paspor ayah + ibu (kalau sudah ada). setelah itu kita pilih tanggal berapa kita akan datang ke kantor imigrasi (kanim). beres deh urusan daftarnya. kebetulan kemarin itu kita milihnya tanggal 30 desember dengan harapan tidak terlalu ramai, jadi pagi2 daddy-nya nazlah langsung cus ke kanim dengan membawa semua berkas yang sudah discan baik asli maupun fotokopinya, dan ternyata walaupun kita sudah daftar secara online tetap harus daftar lagi disana, dan tidak boleh diwakilkan, busyet deh kirain cuma pas wawancara dan foto doang yang harus orangnya langsung. tergopoh2lah aku langsung nyusul ke kanim, mana harus lewat jembatan ampera lagi karena kanim palembang itu letaknya di jakabaring. sekarang ini bener2 mimpi buruk deh kl harus lewat jembatan ampera, macetnya ga nahan :(. nyampe sana hampir 09.30, terbang deh harapan biar cepat kelar urusannya, karena beres urusan daftar dan kemudian bayar di BNI, pas ngambil nomor antrian buat wawancara (jam 10.30) udah dapet nomor 199 aja gitu Zzzzzzzzzzzz... padahal yang dipanggil masuk ke dalem baru sampe nomor 80, masih 120 an nomor antrian lagi.
Yaa sudahlah daripada kelamaan nunggunya, mending pulang aja dulu. sebenarnya rumahku dan kanim palembang itu tidak jauh kok, paling lama cuma 10 menit aja naik mobil tapi dengan catatan Amperanya lancar yaa. Kemaren itu lumayan, lumayan macet maksudnya :). di terngah jalan pulang baru mikir ngapain pulang ke rumah dulu yaa, nanti kan susah lagi menembus macetnya jalan ke kanim, kenapa juga aku ga ngajak anak2 makan di Lippo Jakabaring aja, nyantai2 disana sambil window shopping, baru jam 2-3 an balik lagi ke kanim, kan paling cuma 5 menitan aja jaraknya. jadi saranku buat yang nanti mau bikin paspor juga, daripada bete nungguin sesi wawancaranya mending main dulu aja ke mall, pasti nanti pas wawancara jadi lebih sumringah deh (pengalaman pribadi kalo abis ngemall bawaannya bahagia, apalagi kalo dapet barang diskon, emak2 sejati :P)
Long story short, sehabis makan siang aku balik lagi ke kantor, si qutbi udah nempel aja ga mau ditinggal, mau main sama om embah katanya. enak juga bawa qutbi ke kantor sekarang ini, soalnya ada oom baby sitter sih :) jadi aku tenang beresin kerjaan, si qutbi juga tenang karena ada teman mainnya, tinggal om embah yang ga tenang karena dicolek2 terus sama qutbi qiqiqiqi.
Jam 3 aku izin lagi sama pak boss buat ke kanim, chibi udah pergi duluan sama si mommy. ditelpon si mommy, katanya antrian yang udah dipanggil sudah sampai ke nomor 191, beuh lumayan panik juga soalnya bener aja, si komo lewat lagi di jembatan ampera, tarik nafas...tarik nafas, akhirnya nyampe juga di kanim, dan ternyata udah sepi aja halamannya, oooh rupanya antriannya udah dipindah ke dalam karena hujan.
and you know what ? pas nyampe sana ternyata baru sampe nomor 187 yang diwawancara, pfuuuh, antara lega dan sebal, lega karena nomorku belum terlewat dan sebal karena berarti masih harus nunggu lumayan. heran deh kok lama banget yaa wawancaranya, pas dilihat2 lagi sepertinya banyak calon TKI yang mengajukan buat bikin paspor, makanya agak lama proses wawancaranya. hampir 1 jam juga lho nungguin baru dipanggil masuk ke ruang wawancara, si qutbi masih setengah bengong karena baru dibangunkan paksa, untung mau pas disuruh duduk sendiri buat difoto, kalo chibi mah tanpa disuruh langsung tersenyum maniiiis banget hehe bawaan narsis apa yaa, untung aja ga minta difoto berulang2 :P, malah dari luar sebelum masuk ke ruang wawancara sudah sibuk nanya rambutnya itu bagusnya di-gimana-in qiqiqi
oh iya, qutbi dan jemma tidak direkam sidik jarinya, mungkin karena masih dibawah 5 tahun yaa, kalo chibi dan nazlah sama seperti orang dewasa, 10 jari direkam semua.
dan Alhamdulillah selesailah sudah proses bikin paspornya, tinggal nunggu 3 hari kerja, jadi deh paspornya.
kemaren itu kita dikenakan biaya sesuai dengan tarif resminya, 255 ribu untuk paspor 48 halaman, ditambah 5 ribu buat biaya administrasi bank. dan para petugasnya juga ramah2 kok, apalagi sama anak2, suka diajak bercanda, dua jempol deh buat pelayanannya. jadi ngapain pake calo' lagi kalo pelayanannya udah oke begitu :)
Dan beginilah hasilnya....

Ayo kak, kita mau jalan kemana nih?   :P

Senyum yang begini ini namanya senyum gigit bibir kalo qutbi bilang



2 komentar:

sari widiarti mengatakan...

akkkhhh pengen buat paspor.. tapi mau kemana ya? XD
semogaaa ada kesempatan ke luar negeri :)

Bunda Bibi mengatakan...

hihihi ini juga belum tahu mau kemana, pokoknya siapin aja dulu kan masa berlakunya juga 5 tahun, siapa tahu nanti menang undian jalan2 kemana gitu *Aamiin :)

Posting Komentar