RSS

Rabu, 18 Januari 2012

Selamat Jalan Nyai Pah...

Kemarin pas mau berangkat kerja, aku baru dengar kabar kalo Nyai Pah meninggal dunia..
Nyai Pah itu adik satu2nya dari almarhumah nenekku. jadi beliau itu bibinya ibuku. tapi walaupun bibi, usianya tidak terpaut jauh dari ibuku, cuma selisih 5-6 tahun saja.
Nyai Pah meninggal senin malam, jam 10.30 di RS. beliau meninggal karena sakit pembesaran hati.
Miris sekali rasanya ketika melihat kondisinya kemarin, badannya kurus tinggal tulang berbalut kulit, tapi perutnya besar. aah, tak terbayang rasanya penderitaan yang beliau alami. mudah2an sakitnya itu sebagai penggugur dosa.
masih teringat gelak tawanya, masih terkenang senda guraunya. dulu pas aku baru menikah dan pindah ke jakarta, beliau ikut menemani ibuku mengantarku pindah kesana. tinggal seminggu di rumahku. karena baru pertama kali ke jakarta, beliau agak heran melihat kok banyak sekali pedagang keliling di area komplek.
jadi setiap ada pedagang yang berteriak menjajakan dagangannya, beliau pasti keluar rumah untuk melihat apa yang dijual. lucu sekali melihatnya. salah satu jajanan favoritnya adalah ketoprak, jadi hampir setiap pagi Nyai Pah sarapan ketoprak. Selama seminggu tinggal di rumahku, pasti ada saja cerita lucu keluar dari mulutnya, membuat kami semua terbahak2. dan itu akan selalu kami rindukan.
Sempat juga kami jalan2 ke kebun binatang ragunan, setelah puas berkeliling tiba2 Nyai pah menghilang. dengan panik kami semua mencarinya di tengah keramaian, ternyata Nyai Pah lagi asyik duduk di dekat penjual es, haus katanya. kami yang tadinya panik pun jadi geli melihatnya.
Selamat Jalan Nyai Pah, semoga kebahagiaan abadi menantimu disana, berkumpul bersama ayah-ibumu, kakakmu, dan anakmu yang sudah ada lebih dahulu di surga-Nya. hilang semua penderitaan dan sakitmu, yang ada hanya suka-cita, amiiin.
Ya Allah, Ampunkanlah segala dosanya, Terimalah segala amal baiknya, Mudahkanlah jalannya, Lapangkanlah kuburnya. Tidurkanlah ia sebagaimana tidurnya seorang pengantin baru. dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan. Amiiiin...Amiiiin...Ya Robbal Alamin.

0 komentar:

Posting Komentar