RSS

Jumat, 10 Mei 2013

Pemeriksaan Kesehatan

Salah satu syarat pelunasan biaya haji tahun 2013 ini adalah pemeriksaan kesehatan pertama, nah dari hasil pemeriksaan ini nanti baru diketahui boleh tidaknya calon jemaah haji (CJH) melaksanakan ibadah haji tahun ini atau harus menunda dulu keberangkatannya tahun depan.
kali ini aku ingin menceritakan pengalamanku saat melakukan pemeriksaan ini, sebelum berangkat ke tempat pemeriksaan kita harus menyiapkan :

* Fotokopi SPPH
* Fotokopi BPIH
* Fotokopi KTP
* Pas foto 4X6 sebanyak 3 lbr
* Materai sebanyak 1 buah untuk WUS (Wanita Usia Produktif)
* Hasil EKG dan Foto Thorax untuk CJH diatas 40 tahun

Untuk wilayah Palembang sendiri, pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji dipusatkan di 5 titik, yaitu :
Puskesmas Merdeka, Puskesmas Dempo, Puskesmas Sekip, Puskesmas Plaju, dan Puskesmas Pembina.
karena rumahku tak jauh dari Puskesmas Merdeka jadi tentu saja aku periksa disana saja :), sengaja sebelum jam 8 sudah duduk manis disana dengan harapan belum rame, dan tentu saja belum ada calon jemaah haji lain yang datang sampai2 petugasnya saja belum ada di tempat :P yaa karena memang jam operasionalnya dimulai jam 8 jadi dimaklumi ajalah :)
Jam 8 lewat dikit barulah kita (aku, pak suami, aba, dan ibu) dipanggil masuk ke ruang tata usahanya dan dicocokkan biodatanya, abis itu kita diberi selembar kertas buat dibawa ke lab, disana pertama2 kita ditanyain dulu nama, umur, gol.darah, dan riwayat penyakit. dan untuk WUS materainya akan dipakai disini untuk menanda-tangani surat pernyataan yang isinya akan bersedia menunda keberangkatan hajinya tahun depan apabila berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan ini diketahui bahwa kita sedang hamil.
setelah itu kita diberi sebuah tabung plastik kecil untuk menampung urine. abis itu baru diambil darah untuk tes lainnya seperti tes kolesterol, tes gula darah, dll.
dari lab kita kembali lagi ke ruang tata usaha dan membayar biaya2 nya. kalo untuk WUS biayanya 144 ribu, bukan WUS 129 ribu, dan untuk CJH diatas umur 40 tahun diharuskan untuk rekam jantung dan foto thorax yang bisa dilakukan dimana saja, di puskesmas juga bisa untuk rekam jantung dengan tambahan biaya sebesar 45 ribu.
Setelah kita membayar semua biayanya, kita akan dirujuk ke ruangan lain untuk ditensi dan untuk rekam jantung bagi yang wajib melaksanakannya. dan selesailah sudah rangkaian pemeriksaan kesehatan pertama :P. Over all kita sudah cukup puaslah yaa dengan pelayanan di puskesmas merdeka, sudah lebih manusiawi dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu (ini menurut cerita bapakku), petugasnya sudah lebih sigap dan terutama sudah lebih bersahabat, ini yang paling penting menurutku. bayangkan betapa gemasnya kita kalau dilayani oleh orang yang wajahnya jutek sepanjang zaman :P, wong kita bayar ini, ya ngga..ya ngga..?!
cuma satu nih yang agak mengganjal, biayanya itu kok tidak sama dengan yang tertulis dalam Peraturan Walikota Palembang nomor 11 tahun 2010 yaa, seperti yang bisa dilihat disini, biaya untuk WUS itu sebesar 128.500 bukan 144.000, dan untuk non-WUS biayanya 113.500 bukan 129.000.
Tapi mungkin juga biayanya beda karena sudah ada peraturan yang lebih baru lagi yang belum ter-update di website dinkes palembang, kan peraturan yang itu terbit tahun 2010. Makanya Dinkes Palembang, update lagi dong :P
dan untuk hasilnya sendiri baru selesai seminggu lagi, jadi berdoa saja semoga kalau memang sudah rezekiku untuk menjalankan ibadah haji tahun ini, semoga semuanya lancar2 saja, dan kita diberikan kemudahan, Amiiin Ya Allah...!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga lancar apa yang sudah direncanakan ya :)
Amiin..

Bunda Bibi mengatakan...

Amiiiin, makasih banyak yaa doanya :)

Posting Komentar