RSS

Selasa, 05 Juni 2012

Kartu Kredit

Pernah dapat telepon yang menawarkan kartu kredit ?
kayaknya bukan cuma pernah yaa, tapi udah sering banget, sampe sebel rasanya, apalagi kalo yang nelepon itu nyerocos terus, sama sekali ga ngasih kita kesempatan buat ngomong, grrrrrrr.
harusnya kalo yang muncul itu nomor yang tidak dikenal memang lebih baik tidak usah kita angkat saja yaa, tapi kadang takutnya yang nelepon itu memang lagi ada perlu dengan kita, bingung deh jadinya. dan kalo tidak kita angkat pasti bakalan nelpon lagi, lagi, dan lagi. dan lucunya walau udah pernah kita tolak secara halus, eh teteup lho nelpon lagi Zzzzzzzzzzzz.
Oh iya, sekarang aku punya 2 kartu kredit, tadinya sih punya 4, hmmm buat apaan sih? itulah bodohnya aku, mudah tergiur dengan promo2 yang dulu pada saat penawarannya kelihatan sangat menarik, baik berupa hadiah langsung, maupun tawaran diskon sampai sekian persen di tempat2 tertentu.
kartu kredit yang pertama kali kututup itu, dari bank BNI. tergiur karena dulu ada promo dari salah satu maskapai penerbangan indonesia, bisa buy 1 get 1. Dan juga biasalah untuk tahun pertama free annual fee.
eh ga tahunya harga 1 tiket yang bisa dapat 1 tiket gratis itu lebih mahal dari harga 2 tiket normal, Zzzzzzzzzz lagi deh. karena ngerasa ga ada benefitnya buat aku ya udah kututup sajah.
kartu kredit kedua yang mau kututup adalah kartu kredit dari bank mega. dulu tertarik buka karena di-iming2i hadiah langsung berupa 1 buah handphone LG kalo ga salah, lumayan khan. setelah buka eh ternyata ga langsung dapet saudara2, melainkan kita harus melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit itu dulu. okelah, masih masuk akal. beneran sih setelah aku melakukan transaksi, aku dikirimi sebuah...voucher buat ditukar dengan handphone di tempat tertentu, untung salah-satunya ada di Bintaro Plaza. meluncurlah aku ke sana dengan hati riang dengan berbekalkan sebuah voucher. sudah kebayang2  rasanya mau pake handphone baru hehe lebay mode on, walaupun itu juga handphone murah kalo ga salah harganya cuma sekitar 300 rb doang, tapi tetep seneng dong dapet barang gretong. wkwkwkwk
sampe di toko hp nya dapet kabar buruk kalo stok hpnya lagi kosong, toeeeeng. yaa sudahlah minggu depan aja toh masa berlaku voucher ini juga masih 3 bulanan lagi. minggu depan ke sana lagi, masih aja kosong. minggu depannya lagi, tetep kosong, what..! coba di tempat lain juga tetap ga ada tuh. sampe capek nanyainnya, malah si mba2 yang jaga counter bilang memang sudah lama ga ada stoknya lagi. merasa ditipu dong, langsung deh komplain ke KK yang bersangkutan, menyampaikan uneg2 dan bertanya kalo memang niat mau ngasih hadiah, kenapa ga langsung dkasih barangnya aja sih, ga usah voucher begitu. lucunya sih mas2 memang mengakui kalo memang hp itu sudah tidak ada lagi di pasaran, nah lho... terus si mas janji mau mgirimin voucher hp lain sebagai penggantinya, kalo ga salah yang merk samsung. tapi sampe aku sudah pindah ke palembang ga ada kabar lagi tuh tentang si voucher. sudahlah mau kututup aja. ku telpon CS nya, eh susah lho nyambungnya, sibuk melulu. pas akhirnya nyambung dan setelah kubilang kalo mau mengakhiri hubungan ini karena kebetulan juga sudah mau habis masa gatisan annual fee-nya, eh aku malah ditawari gatis annual fee tahun berikutnya, dan bodohnya aku, MAU lagi... huhuhu abis itu baru nyesel deh, mau nelpon lagi udah susah lagi nyambungnya. sampai akhirnya aku lupa
Nah baru inget lagi karena aku 2 kali kecewa sama kartu kredit yang ketiga.
nah ceritanya aku kan newbie dalam dunia per-kartu kreditan, jadi manalah aku tahu kalo kita itu ga boleh telat bayar walaupun cuma sehari dari tanggal jatuh tempo. dan sebelumnya juga si CS yang kekeuh nawar2in kita buat buka kartu kredit itu juga ga pernah ngasih penjelasan kok. padahal dulu sebelum kartu kreditnya sampe ke tangan kita rajin banget nelponin, hampir tiap hari deh kayaknya, tapi sama sekali ga pernah ngasih penjelasan tentang sanksi2 itu. di buku petunjuknya juga kayaknya ga ada (atau ga kubaca yaa, ^_^) keterangan kalo kita telat bayar kita bakal dikenai sanksi yang jumlahnya tidak sedikit kalo dibandingin dengan pokok tagihannya. pokoknya bener2 sebel.....sebel.. jadi ceritanya waktu itu aku pernah belanja pake KK tersebut, cm 300 rb saja. karena memang aku suka pusing mikirin hutang, jadi niatnya mau langsung kulunasi saja. eh tapi lupa terus, 2 hari setelah jatuh tempo baru kulunasi, ah paling berapa sih bunganya pikirku. ternyata pas tagihan bulan depannya datang, eng..ing..eng muncul angka sebesar 75 ribu dengan keterangan denda karena tidak melakukan pembayaran. sakit hati banget rasanya, padahal kan pokok hutangnya aja langsung kulunasi. dan juga jumlah dendanya itu lho, besar banget kalo dibandingkan dengan pokok hutangnya. langsung keluar angka 75 ribu, bukannya pake persentase dari pokok hutangnya. curhat ke pak suami, eh dia bilang kalo kartu kredit citi bank-nya dia, selalu diingatkan via telpon kalo sudah mendekati jatuh tempo tapi nasabahnya belum melakukan pembayaran. tambah bete deh dengernya. tapi karena aku masih merasa sayang buat nutup si mandiri ini, yaa udahlah, soalnya kadang ada program diskon 15 persen belanja di Hypermart.
bulan depannya datang lagi si tagihan, karena memang aku ga pake si KK, jadi tagihanku cuma 3.051 rupiah, sebagai pembayaran bea materai atas pembayaran bulan sebelumnya. minimum paymentnya juga 0 rupiah. sudahlah aku anteng2 aja, merasa ga ada yang perlu dibayar ini. eh bulan depannya muncul lagi tagihannya, dan kali ini ada angka 15 ribu berapa dengan keterangan sebagai interest, What....! perasaan aku ga pernah ngutang deh, semua hutang yang ditagihkan padaku pasti langsung kubayar lunas, terus ini bunga dari mana?
telpon lagi ke CS nya, dibilangin kalo itu sebagai bunga dari 3.051 rupiah yang tidak kubayar bulan sebelumnya, WTF.. kalo memang harus dibayar, kenapa juga minimum paymentnya ditulis 0 rupiah. aku kan tidak tahu. Sudah deh, pokoknya hubungan ini harus segera kuakhiri, titik.
begitupun dengan kartu kredit bank mega-ku, nasibnya sama dengan si mandiri. malah saking semangatnya aku pengen segera memutuskan, jam setengah tiga pagi CS-nya kutelpon, untung beneran orang yang bertugas ^_^, eh tapi tahu darimana kalo yang jawab telponku waktu itu beneran manusia yaa... iiihhhh.
tapi pokoknya ikatan di antara kami sudah berhasil kuputuskan dini hari itu, alhamdulillah..
Nah tinggal satu nih kartu kreditku, yang ini rada sayang nutupnya, soalnya masih ada program diskon sebesar 40% kalau makan di bukit golf, ^_^,  makanan di sana memang enak, tapi kalo ga didiskon lumayan mahal iih.
Kesimpulannya : ga ada sih, aku cuma pengen nambah postingan aja, wkwkwkwk.
eh tapi ada pesan moralnya juga lho, teliti sebelum membeli. jadi mau apapun juga, kita harus betul2 paham dahulu cara kerjanya, jangan anggap remeh kalau ga mau kecele..
pesan moral kedua, kalau bisa cash, ga usah punya kartu kredit, bikin pusing aja. tapi kalo memang terpaksa pake yaa balik ke nomor satu tadi, teliti sebelum membeli, biar kita ga merasa dirugikan.
 demikianlah postingan hari ini, selamat sore semuanya...

2 komentar:

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Aku sampe sekarang tak pernah pake kartu kredit! Dan gak pernah tergiur juga lhooo...hahahaha *bangga* LOL

Bunda Bibi mengatakan...

Wah selamat yaa mb *sambil shaking hand.
udah bener bgt itu ga usah terlibat sama yang namanya kartu kredit wkwkwkwk

Posting Komentar