RSS

Selasa, 19 Juni 2012

Pasar Burung Palembang

Jadi ceritanya udah satu minggu ini aku diteror chibi buat ke pasar burung :)
gara2nya sih pas minggu yang lalu pas kita jalan pagi di kambang iwak, ada penjual ikan cupang. betahlah chibi disitu nongkrongin si ikan cupang, secara chibi kan pecinta ikan. kegemarannya itu muncul karena dulu waktu masih kecil sering kubacain buku cerita anak tentang kehidupan di laut yang tokohnya seekor ikan bernama Tiddler, setiap saat minta dibacain buku itu terus sampe kondisinya mengenaskan, alias robek disana sini :)
lucu juga lihatnya, soalnya dulu kan belum bisa ngomong. jadi biasanya chibi merangkak ke rak buku, terus langsung ngambil buku itu di antara banyak buku lainnya, dan dibawain ke kita, hmmmm jadi kangen juga masa2 itu. abis itu, Yayahnya beli kaset Nemo, nah mulailah fase sehari2 bersama nemo. sehari bisa berapa kali itu disetel, sampe hafal adegannya. dan sejak itu chibi jadi sukaaaaaaaaaaaaa banget dengan yang namanya ikan hias, dan akhirnya jadi menyukai kelinci, hamster, kucing, kura2, pokoknya semua binatang peliharaan yang suka dijual di pameran maupun pasar kaget. betaaaaaaah banget duduk berjam2 ngelihatin pameran binatang. Sempat beli bermacam2 ikan, 2 pasang kelinci, beberapa kali beli hamster, sempat pelihara kucing juga. di rumah PJMI itu ada kandang kelinci, kandang hamster, dan akuarium. cuma karena chibinya sendiri masih kecil, terus orang tuanya juga pemalas, biasanya hewan peliharaannya ga terlalu terurus. kalo kelinci sih pernah ada yang sampe gede, sayang banget dia sama kelincinya, sampe kalo kita nginep di rumah Ummi di depok, si kelinci kita bawa, kasihan kalo di rumah kan ga ada yang ngasih makan, nah salah satu kelincinya hilang pas kita di depok nih. sempet ada kejadian lucu juga sih, kl pergi ke depok kan kandangnya ga kita bawa, abis gede bener, mau ditaruh dimana pas di mobilnya, jadi si kelinci cuma kita masukin dalam kotak kardus doang, ceritanya kandang darurat. eh rupanya si kelinci bisa kabur, untung ketahuan sama si mbak, jadi ada adegan kejer2an dengan kelici gitu deh :). nah pas yang kedua kalinya ga ketahuan, hilang deh si kelinci ga tahu kemana, nangislah si bocah. nah kalo yang satunya lagi mati karena sakit, si bocah lebih sedih lagi, aku aja sampe nangis sesenggukan pas lihat si kelinci lagi sakaratul maut, kasihan banget. kalo sepasang yang lainnya ga berumur panjang, cuma beberapa minggu aja.  abis itu bertekad ga mau beli2 binatang peliharaan lagi, kasihan kita ga bisa ngurusnya.
cuma kalo lagi jalan terus ngelihat ada pameran binatang gitu kok jadi pengen punya lagi yaa, lucu2 banget sih penampakannya, tapi biasanya kalo inget si kelinci yang dulu mati jadi urung mau beli, tapiiii kok lucu banget sih... apalagi chibi ga mau beranjak dari situ, kayaknya pengen banget, akhirnya beli hamster pulak. :)
pertama beli sepasang, terus karena kita ga punya kandang hamster, dimasukinlah ke kandang kelinci, si hamster juga kayaknya seneng dapet rumah gede :). eh ga taunya keesokan harinya hilang aja boo, beneran ga tahu kemana, padahal pintu kandangnya masih terkunci rapat. masih misteri sampe saat ini. akhirnya minggu depannya beli lagi sepasang, kali ini beserta kandangnya. tahan lama yang sepasang ini. memang lucu banget yaa ngelihat tingkah si hamster, apalagi pas kita kasih makanan, mau lho ngambil biji bunga matahari dari tangan kita pake tangannya terus langsung dimasukin ke mulut, lucu abis.... cuma baunya itu lho ga kuat. bener2 harus rajin ngebersihin kandangnya. pekerjaan ekstra deh.. sampe akhirnya pas aku mau lahiran qutbi di palembang dibawa juga si hamster ini. eh sebelum aku lahiran ternyata duluan si hamster ini yang lahiran :0 hamil juga dia ternyata, kalo tahu dia hamil juga kan kita bisa periksa bareng ke dokter Okky wkwkwk.
tapi aku kan ga punya pengalaman menangani hamster yang beranak, mana kutahu kalo ternyata si hamster malu dan rada sutris pasca melahirkan, pas kita rame ngerubungi kandangnya sambil ber-ahh ohh heboh. digigit aja lho kepala anaknya sampe berdarah, tidaaaaaaaaaaaak...! horor banget rasanya. langsung kita pisahin 2 anak lainnya. kirain itu bapaknya yang gigit, ternyata ngga lho, itu ibunya. chibi yang ngelihat kejadian itu kontan menangis tersedu2, shock dia ngelihatnya. setelah bertanya pada mbah google, baru tahu kalo hamster yang melahirkan itu harus dijaga ketenangan lingkungannya. karena takut si anak bakalan digigit lagi jadi aku bingung nih hamster mau room in apa ngga, tapi kalo pisah gimana cara makannya, kan dia menyusui, akhirnya si bapak yang kita taruh di kandang darurat buat jaga2. dan si ibu satu kandang bersama anak2nya, terus kandangnya kututupin pake kain dan ditaruh di tempat yang tenang. eh ga tahunya si bapak hamster kabur pas malam harinya, si kardus habis digigitin, jadi bolong deh, kaburlah dia. dan tragisnya ternyata si bapak hamster juga mati dibunuh (tersangkanya) tikus, mayatnya ditemukan di bawah mesin cuci, dasar tikus pembunuh. pengen rasanya kutuntut tikus itu ke pengadilan, tapi takut di tolak sama kepolisian. dan apa kabar anak2nya, ternyata pas akhirnya kita jenguk, ga ada lagi satupun tuh, ga tahu diapain sama emaknya. ( eh ini jadi kayak cerita horor yaa ). Chibi sengaja ga kukasih tahu, takut dengan dampak psikologisnya. tahunya dia si hamster kabur semua satu keluarga.
buat gantiin hamsternya yang "kabur", chibi dibeliin oomnya sepasang anak kura2. wiiih seneng banget dia. dan ngerawat kura2 juga ga begitu repot. cukup di kasih makan dan dikuras aja rumahnya.
pas kita mau balik ke jakarta, si kura2 ga dibawa, tapi ditaruh aja di kolam ikan Yai. tapi ternyata ga lama abis itu, si Oom ngabarin kalo si kura2 hilang dua2nya, yaa sutralah...
Sampe akhirnya minggu kemaren itu, chibi minta dibeliin lagi binatang peliharaan, dan milihnya si ikan cupang. karena kupikir sekarang chibi sudah besar dan sudah bisa diserahi tanggung jawab buat ngurus ikannya sendiri, okelah, permintaannya dikabulkan. dan pergilah kita ke pasar burung.
pasar Burung itu sendiri letaknya di daerah jalan Tengkuruk, ga jauh dari Pasar 16 Ilir Palembang. Kita sengaja pergi pake motor biar ga susah cari parkirnya, dan bener aja chibi gembira banget di sana. ada banyak macam ikan hias dan pernak-pernik aquarium. cuma sayangnya kami pergi kesana itu pas hari sabtu, katanya kalo hari minggu lebih rame lagi. ada juga yang jual kelinci, hamster, ayam, burung, kucing juga ada.
cuma yang kita tuju memang langsung ke tukang ikannya saja. ada banyak banget jejeran ikan cupang, dan semuanya bagus2. jadi bingung sendiri milihnya.
Akhirnya Chibi pilih ikan cupang yang warna biru, dikasih bonus ikan cupang betina satu. harganya cuma 10 rb saja.terus beli pakannya juga, sebotol 5 rb. Apakah cukup sampai disitu saja ? tentu tidak saudara2. chibi mulai melirik si kura2. akhirnya beli juga sepasang anak kura2 beserta rumah, bebatuan, dan sekotak pakannya. dibandrol seharga 50 rb rupiah.
Seneng banget rasanya kalo lihat anak bahagia, Alhamdulillah Ya Allah, telah Engkau berikan pada kami nikmat yang banyak.
Tapi janji yaa kak, ikan dan kura2nya dirawat sendiri...! dan sampe hari ini chibi masih memegang janjinya. pagi2 bangun tidur langsung ngasih makan peliharaannya. siang pulang sekolah dikasih lagi makanannya, dan sorenya, rumahnya dikuras dan dikasih makan lagi. seneng lihatnya. Alhamdulillah...

Si Ikan Cupang

Rumah Si Kuya-Kuyi

Kuya yang bawah, Kuyi yang atas. Apa kebalik yaa? tahu deh..

2 komentar:

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Kami juga gak pinter nih melihara binatang. Ikan-ikan koi di kolam pada mati. Terakhir cuma pelihara ikan sapu jagad pun mati...hikkss...emang gak bakat melihara hewan..

Raja juga pernah punya sepasang kura-kura...mati juga, padahal rumahnya tiap hari dibersihin dan rajin dikasih makan juga...

Kami juga belinya di pasar situ, yang di pinggir jalan itu kan ya?

Btw, cerita hamsternya horor banget... Trus..trus..apa kabar sama emaknya itu? Mati juga ya akhirnya?

Bunda Bibi mengatakan...

iya mba, bener banget letaknya pas di pinggir jalan itu.
emaknya juga mati mba, mungkin karena terlalu sedih karena ditinggal keluarganya, jadinya sakit, terus akhirnya mati.
sedih banget rasanya

Posting Komentar