RSS

Senin, 06 Agustus 2012

Serunya bulan puasa..

Duh si empunya blog kemane aje sih, sampe berdebu begini ditinggalin (sambil kibas2 kemoceng) :)
hehe maafkeun yaa, baru bisa berbagi cerita lagi sekarang, alasannya klise sih, "ga sempat" :)
padahal banyak banget yang mau diceritain. baiklah kucoba mengingat kembali apa saja yang terjadi selama hampir 2 minggu ini...
Yang Pertama tentu saja aku pengen mengucapkan "Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mari berlomba2 mengumpulkan poin sebagai bekal kita di akhirat nanti, SEMANGKA.....!"
Yang kedua, aku pengen bercerita tentang anakku Syifa Qolbi. iya aku senang sekali karena anakku sudah semakin pintar, di hari ke -17 ramadhan ini, Insya Allah full semua puasanya, dan tahun ini tanpa rengekan :P Good Girl... kalo tahun kemaren kan juga sudah puasa sehari, tapi karena masih belum terbiasa, kalo ga kuat ya sudah kusuruh batal saja, jadi sempat bolong 9 hari, gpp nak namanya juga belajar :0
walau masih kecil gpp yaa nak berlatih puasa, kalo ga kuat bunda ga maksa harus sampai maghrib lho, sekuatnya kamu saja. tapi alhamdulillah sampai sejauh ini lancar jaya. Dulu aku sempat khawatir sekaligus takut gimana caranya ngajarin chibi puasa, takut dia nanti kelaparan lah, takut dia sakitlah, pasti ga tega banget ngelihatnya. tapi kalo tidak dibiasakan sedari kecil begini juga rasanya gimana, kan segala sesuatunya itu bermula dari kebiasaan. Tapi memang Allah tidak pernah menyusahkan hamba-Nya yaa. pas aku merasa sudah waktunya chibi mulai ikut puasa, eh aku pindah ke palembang, dan alhamdulillah anak2 di lingkungan rumahku semuanya pada puasa, begitu juga sepupu2nya Chibi, jadi Chibi pun sedikit banyak termotivasi. malah Chika sepupunya Chibi lebih hebat lagi, walaupun umurnya lebih muda setahun dari Chibi tapi dari tahun kemaren puasanya udah full aja tuh sebulan penuh, hebat banget yak... kalo Ayyis dan Nazel lebih muda lagi dari Chika, Alhamdulillah juga hebat cuma berapa hari aja yang pecah puasanya tahun kemarin.
Tapi namanya anak2 itu memang ngerasa asyik2 aja yaa. kita emaknya aja yang kadang suka lebay. kayak sekarang ini nih, takut banget anaknya kehausan gara2 main trus seharian. mainnya yang ala anak kampung lagi, main bentengan, petak umpet, kejar2an, dsb. ributlah kita nyuruh anaknya istirahat, tapi mereka nyantai2 aja tuh, malah asyik ga terasa udah sore aja katanya wkwkwk. Nah sehabis ashar harus sudah mandi tuh, soalnya mau ngaji dulu. Menjelang  berbuka, mulai rame lagi nyiapin berbuka, dan ada satu kebiasaan unik di rumah, yaitu berbuka puasa bersama di teras rumah, rame dan seru. jadi mereka pada duduk berjejer di teras rumah dari ujung ke ujung, dan pada bawa makanan masing2. nanti pada tuker2an deh, lucu sekaligus terharu ngelihatnya, apalagi pas denger mereka baca doa buka puasa bersama, "Allahuma Lakasumtu Wa bika amaantu Wa ala rizqika aftoghtu birohmatika yaa Arhamarrohimin".Kecil2 begini sudah tekun menjalankan ibadah dengan hati senang pula, limpahkanlah kebaikan atas mereka ya Allah, Amiiin.
Selesai makan diwajibkan sholat maghrib dulu, setelah itu acara bebas, yippiiiie, waktunya kembang api :P

Kalau adzan isya sudah berkumandang, artinya sudah harus siap2 sholat isya dan lanjut sholat tarawih, nikmat sekali rasanya bulan ramadhan, seperti lagunya Bimbo dulu "Alangkah nikmat ibadah bulan ramadhan, sekeluarga, sekampung, senegara." bener banget itu.
kalau sekolah selama bulan puasa ini dapat korting jam belajar :) masuknya jadi jam 07.30 pulangnya jam 11.00 di hari senin, 10.35 tiap hari selasa-kamis, dan 09.35 kalo hari jumat-sabtu.
yeeee sudah tanggal 6 aja, tanggal 10 nanti Naz dan Jemma pulang horeeee. Chibi sudah merancang hari jumat nanti ga mau sekolah, mau jemput naz katanya. padahal hari jumat itu kan ada acara pembagian zakat buat warga sekitar sekolahan, sabtu baru resmi libur sekolah. oke girl, we'll see...!
lain kakak lain pula adeknya :0 kalo qutbi jelas aja belum bisa ikutan puasa, baru 2 tahun gitu. tapi tetap ikutan seru2an pas buka puasa. ga mau kalah dengan kita yang puasa, qutbi juga minta disiapin minuman buat berbuka :) ada2 aja ulahmu nak. nah repotnya kalo qutbi ikutan bangun sahur, bkn apa2 kalo di kampungku kan ada sekelompok remaja yang suka keliling kampung bangunin warganya sahur, ga tanggung2 lagi jam 2 dini hari sudah buat gaduh. nah tahu sendiri kan kalo qutbi ini suka banget denger tabuh2an marawis-an. nah seringnya pas rombongan pembangun sahur lewat, bangunlah si anak satu ini, dan langsung seger minta lihat "pa'ibing" (istilah qutbi buat alat musik rebana, red). dan biasanya ga mau tidur lagi tuh. tinggal kita aku aja yang ikut ga bisa tidur, soalnya qutbi rajin banget bangunin. begitu mata kita terpejam sebentar, pasti langsung dicolek2, pfuuuuh. kadang suka sebel juga sama di pembangun sahur, kenapa sih banguninnya ga jam 3-an aja. tapi setelah dipikir2 malah harusnya aku berterima kasih yaa sama mereka, hari gini masih ada aja yang care dengan tetangganya, jangan sampai ada yang ga kebangun sahur. padahal mereka ga ada yang gaji lho, tapi tulus aja bantuin bangunin warga satu kampung. makasih yaa pasukan pa'ibing :) cuma ada di kampung nih yang kayak begini.
sudah kucari2 kok foto2nya ga nemu yaa, insya Allah nanti yaa kalo sudah ketemu. sementara ini dulu yang bisa saya laporkan di pertengahan ramadhan kali ini, saya, Nyayu Miftahul Huda. wkwkwkwk

0 komentar:

Posting Komentar