RSS

Selasa, 23 Oktober 2012

cerita weekend

Aduh bingung, dimulai darimana yaa cerita weekend kali ini :)
hihihi gayanya, kayak punya banyak cerita aja deh.. maksudku bingungnya bukan gegara kebanyakan yang mau diceritain, tapi karena ga ada yang mau diceritain...   walaupun yang namanya weekend tetap saja mengasyikan, namanya juga libur yaa.
oh iya, sekarang kak chibi kalo sekolah sudah disuruh pake jilbab, tambah cantik deh kelihatannya :)
Pak suami yang sangat girang mendengarnya, memang dari dulu dia menyarankan chibi buat pake jilbab, biar biasa katanya. kalo aku sih nyantai walau kak chibi belum betah pake jilbab, masih anak kecil ini, asal bajunya sopan dan dibawah lutut it's fine.
Nah karena jilbabnya kak chibi kebanyakan penuh motif dan warna khas anak2, mana mau lagi dia pakenya, ada sih yang putih tapi cuma satu.
akhirnya kemaren aku belanja ke pasar kebanggaan wong plembang, Pasar 16 Ilir wkwkwk.
sebenarnya ga ke gedung pasarnya sih, cuma di deretan toko di jalan tengkuruk. Kak chibi rencananya mau kubeliin jilbab langsung aja tapi yang warnanya polos. Ternyata lumayan susah yaa cari jilbab buat anak yang ga bermotif, ada aja aksen yang disematkan, yaa gambar boneka lah, gambar buah2an, gambar karakter. hehe lagian kak chibi seleranya ada2 aja, yaa namanya juga jilbab anak2 yaa, jadi sudah sewajarnyalah kalo banyak aksen anak2nya. kalopun ada yang polos yaa buat orang dewasa, ga lucu deh kalo anak2 pake jilbab ukuran dewasa, karena walaupun lingkar wajahnya bisa dikecilin, tapi pet depannya itu tetap aja kegedean :( akhirnya nemu juga di toko Asia Maliki, langganan jilbaber di kantor kalo mau cari jilbab dan pernak-perniknya. letaknya di seberang Masjid Agung arah jalan tengkuruk di dekat martabak HAR dan tukang bikin frame foto. dapat sesuai dengan yang diinginkan, jilbab buat anak2 dan warnanya polos. tapi sayangnya ga ada yang warna putih, cuma ada warna biru dongker, hitam, dan coklat muda. tadinya mau kuambil tiga2nya, tapi yang biru sudah tidak prima lagi kondisinya karena sudah kelamaan dipajang :(
yaa sutralah, ambil yang dua itu aja dulu, nanti kan bisa berburu lagi :)

gimana..gimana.. bagus khan jilbabnya ?

orangnya juga jadi tambah cantik yaa

Minggu siangnya kondangan ke kawinannya om mael, adeknya mama alika. acaranya di Graha Unsri Bukit Besar, pas dateng pas banget lagi pembacaan doa :P, memang sengaja datang agak siangan, biar anak2 sempat makan dulu di rumah, kan perut kenyang hati senang :). Duduk sebentar langsung makan deh. Mas Qutbi lagi bobok digendong ayah, nyenyak banget, sampe kita pulang baru bangun, jadi aku dan kak chibi aja yang ngambil makan. Kak chibi ceritanya ngambilin makan buat Ayah.
Selamat yaa Mael (Ismail) dan Maul (Maria Ulfa) semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warrohmah.
Pulang ke rumah udah jam 1-an, sholat zuhur, terus langsung siap2 mau nge-mall nih bersama para emaks :) para bapak di rumah aja yaa jagain si bungsu. tapi tetap, walau para bapak ga ikutan ngemall, tapi dompetnya hatinya tetap menyertai langkah kami hehehe.
tadinya cuma mau bertigaaan aja bareng si Ummi dan Mommy, eh tapi gara2 cacak mau ikutan, kak chibi dan naz yang tadinya anteng mau ditinggal jadi mau ikutan juga, jadilah kemaren 6 cewek kece jalan ke PTC.
disana dapet 2 kemeja batik buat Ayah, jilbab dan manset putih buat kak chibi, 1 piama batik buat mas qutbi, dan 1 setelan buat akyu :)
eh dapet juga majalah perhijaban itu, yang mencontohkan 15+3 tutorial daily hijab masa kini.
kalo inget kita pada belum sholat Ashar, rasanya masih pengen muter2 deh, belum semuanya kita masuki :0
tapi karena jam sudah menunjukkan hampir setengah lima, yaa acara window shoppingnya kita lanjutkan lagi minggu depan, setuju buk-ibuk?

oh iya, ada satu lagi nih yang pengen diceritain, ada yang tahu pempek pistel ga? pempek pistel itu pempek yang isinya pepaya muda yang ditumis. dulu sih aku kagak doyan makanan yang satu ini, tapi sekarang kok malah tergila2 yaa. apalagi kalo hasil tumisan ibuku, dimakan panas2 pada saat hujan rintik2, hmmm endang banget deh. kebetulan sabtu kemaren si mommy beli pepaya muda parut di pasar, langsung disulap jadi pempek pistel yuk... naah kalo pempek pistel ini ga pake ikan pun tetap enak kok, kalo di sini ngetopnya dengan nama pempek dos.
begini cara membuatnya :
Bahan Pempek :
1 kg terigu
1 kg tapioka
garam secukupnya
+ 1 liter air panas
1 butir telur ayam
+ 5 sdm minyak goreng
cara bikinnya :
# campurkan terigu dengan garam, aduk rata
# siramkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai adonannya lembek tapi jangan sampai terlalu cair yaa takutnya nanti tapiokanya harus banyak baru adonannya bisa dibentuk, dan kalo tapiokanya kebanyakan alamat pempeknya bakalan alot. dan dijamin pada ga suka kan makan pempek yang alot bin keras :)
# masukkan telur dan minyak, aduk sampai rata
# terakhir masukkan tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonannya bisa dibentuk. tapiokanya ga harus dimasukkin semua yaa, kalo adonannya sudah tidak lengket lagi ditangan berarti tapiokanya sudah cukup. sisanya nanti kita pake buat melumuri tangan kita biar tidak lengket saat membentuk adonan.
# adonan pempek dos siap dibentuk

Bahan isian pistel :
1/2 kg pepaya muda parut
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
ebi secukupnya (ini untuk penyedap)
garam
gula pasir
50 ml santan kental (optional)
minyak untuk menumis
cara bikinnya :
# tumis sampai harum bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis
# masukkan pepaya muda parut
# tambahkan ebi yang sudah dicuci bersih
# tambahkan santan kental, garam, dan gula. biarkan sampai pepaya lunak.
# siap untuk dijadikan isian.

Untuk bikin pempeknya, sama caranya kayak bikin pastel, adonan pempek dipipihkan terus masukkan isian kemudian bentuk menyerupai kue pastel. bisa direbus dulu atau kalo mau digoreng langsung juga bisa, malah lebih enak kalo menurutku, kulitnya jadi krenyes2 garing. jangan lupa makannya pake cuka hmmmm.

ayo..ayo yang mau coba bikin, jangan malu2, sok atuh...!


2 komentar:

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Nah, aku sampe sekarang gak suka sama pempek pistel, gak tau deh kenapa :D

Iyaa...Chibi cantik lhoo pake jilbab :D

Bunda Bibi mengatakan...

dulu juga aku ga suka banget sama yang namanya pempek pistel..tapi ga tahu kenapa sekarang malah doyan abis :)
mungkin kamu belum bisa merasakan enaknya dimana yaa Al.

Makasih tante Allisa

Posting Komentar