RSS

Jumat, 25 Mei 2012

Pelayanan Prima di Garda Depan

Kali ini aku mau curhat soal pelayanan nih, terutama yang dilakukan oleh para petugas di garda depan, yang berhubungan langsung dengan customer. Soalnya sudah sering kali aku kecewa :(. sama sekali ga nyangka gitu lho. Mungkin juga karena dulu aku sudah lumayan lama tinggal di kota lain, jadi bisa membandingkan. Dan harus kuakui untuk urusan customer service Jakarta jauh lebih baik dari Palembang.
Malah kadang aku heran, ini hypermarket yang sama kok cara pelayanannya jauh berbeda yaa. Apa yang di Palembang ini ga pernah mengikuti pendidikan bagaimana cara melayani customer yaa, soalnya jarang....jaraaaaaang banget bisa menemukan orang yang pas pembawaannya dalam melayani customer.
contohnya ini yaa...

1. Dulu pas awal2 aku balik ke palembang, aku pernah berurusan dengan salah satu Bank Rakyatnya Indonesia.
Jadi ceritanya di jakarta aku pernah menyekolahkan SK ku :), berhubung payroll gajiku ke Bank tersebut, otomatis tiap tanggal 1 autodebet dong. jadi pas pindah ke palembang dipindahinlah berkas2ku ke palembang. sekarang tiap bulan Gajiku dipotong sama bendahara buat dibayarkan di bank tersebut, ga autodebet lagi.
Aku sih ga masalah yaa, pokoknya tiap bulan gajiku dipotong sama bendahara kantor. sampai suatu hari ketika aku mau narik via ATM, kok dibilang kalo dana tidak tersedia, bingung dong aku. jadi kuprintlah buku tabunganku, dan ternyata semenjak aku pindah ke palembang, selain dipotong oleh bendahara rekeningku juga di autodebet, dan itu tidak diketahui oleh pihak banknya, aneh kan. Jadi kalo aku ga mau ngambil via ATM waktu itu, mungkin juga ga bakal ketahuan.
Ngelaporlah aku ke bendahara kantor, dan diteruskan ke pihak Bank-nya, malah aku yang disuruh menghadap ke tempat mereka, aneh lagi yaa. siapa juga yang salah, tapi okelah akhirnya aku pergi kesana, dan disuruh menemui mb c*t*a. sampai di ruangannya aku bingung. ada banyak orang yang mana yang namanya mb c*t*a, dan sepertinya para karyawan itu juga cuek2 aja ketika melihat ada nasabah yang masuk ke ruangan mereka, sama sekali ga peduli, malah mereka asyik ngobrol satu sama lain.  kedatanganku kesitu sama sekali ga digubris. akupun bertanya yang mana yang namanya mb c*t*a, terus dibilangin kl si mb lagi keluar. ada banyak kursi disitu, tapi ga ada satupun yang nawarin aku duduk, boro2 mau ngasih minum. apa karena dipikirnya setiap orang yang datang ke ruangan mereka itu pasti nasabah yang punya ataupun mau ngutang, jadi boleh sma sekali ga dianggap? Hallo.... ga begitu juga kali, bukankah perusahaan kalian itu bisa dapat untung besar dari bunga2 para pengutang ini? Please deh.. illfeel banget pokoknya waktu itu.

2. Baru-baru ini aku pernah beli martabak pesenan ibuku, ga jauh2, belinya di depan kantorku. di toko martabak tang ngakunya punya puluhan macam rasa ( tapi yang rasa durian seperti yang ditulis gede2 di menunya, yang dibilang jadi andalan mereka, selalu kosong, Zzzzzzzzzzzzz )
Aku pesen satu martabak kacang sama satu martabak pandan coklat, oke setelah pesananku dicatat sesuai dengan yang aku mau, aku pun duduk menunggu. lumayan lama juga hampir setengah jam. pas sepertinya pesananku udah mau selesai, aku pun iseng melihat. kok yang lagi dipotong2 itu warnanya hijau semua yaa. tengok kiri-kanan, kayaknya ga ada orang lain yang pesen. terus aku nanya "mbak, itu pesenanku yaa? kok jadinya pandan semua?" terus si mba sambil ketawa2 gitu ngomong " iya nih bu, tadi salah bikin" terus langsung menghampiri si mas2 tukang bikin sambil masih terus ketawa2 nunjuk2 ke aku. maksudnya apa coba? sempat kedengaran juga si mas itu ngomong, "kenapa, ga mau yang ini" si mba masih terus ketawa2. Hallooo. kalo ga inget ibuku lagi puasa aja dan lagi kepengen makan martabak, udah kutinggal pergi itu.
kalo bukan penipuan, apa namanya coba? kita tahu kalo kita salah bikin pesenan,  tapi kita pura2 ga tahu aja, diem2 langsung dibungkus dan dikasihkan ke pelanggan. paling juga pelanggannya nyadar pas sudah sampe rumah. sama sekali ga ada opsi buat pelanggan, mau yang kita salah bikin itu, atau mau dibikinin lagi tapi agak lama. Itu yang buat rasa sebelku berlipat2, mereka TAHU kalo sebenernya mereka itu salah, tapi ga berani bertanggung jawab, malah mau nipu pelanggannya..

3. Tadi aku belanja di salah satu hypermarket terbesar di Palembang. belanjaanku ga banyak karena cuma beli sabun doang, total belanjanya 40.750, aku bayar pake uang 50 ribuan, terus dikasih kembalian 9.200. iseng aku bertanya, memangnya ga ada uang pecahan 50 rupiah lagi yaa. terus mamanya alika nyahut, "kalo di Care**** mba, pembulatan ke bawah mereka." aku pun terus ngomong, "satu transaksi dipotong 50 rupiah, kalo seribu transaksi aja dalam sehari bisa dapet 50 ribu dong (dan bisa jadi objek pajak juga:P), sampein dong mba ke manajernya soal kembalian ini" terus si mba dengan juteknya ngomong " nanti saya balikin deh bu uang ibu..!" Gubraaak ga sih, sekali lagi Halloooo... ini bukan masalah uang 50 peraknya kali. aku juga tahu kalo hari gini uang 50 perak ga bisa buat beli apa2 juga, tapi ini kan masalah prinsip dagang. bukankah perusahaan kalian sudah menetapkan harga segitu, dan kita juga sebagai customernya setuju dengan harga segitu, ga pake nawar lho mba belanjanya. berarti perusahaan kalian harus menanggung konsekuensinya dong. salah satunya dengan menyiapkan pecahan uang kecil. kl ga mau repot nyiapin uang kecil, yaa jangan kasih harga yang ada unsur pecahan uang kecilnya dong.. semua barang yang dijual dibulatin semua, Mau ga?
Contoh pesaing kalian itu dong, si Care**** mereka mau menanggung konsekuensi karena tidak mau repot menyiapkan pecahan uang kecil dengan cara membulatkan ke bawah setiap transaksi pembayaran. jadi kan tidak merugikan konsumen, berapapun besarnya (kecilnya, red) rupiah.

4. dan masih banyak contoh lainnya tapi aku terlalu malas untuk mengingatnya, bikin sakit hati soalnya..

Jadi begitulah saudara2, kalo menurutku, petugas di garda depan itu memiliki tugas yang sangat penting, balik lagi atau tidaknya seorang customer ditentukan oleh kepiawaian mereka dalam melayani dan menangani customer. Kl customer merasa puas, mereka pasti tidak mau berpaling ke lain hati. dan pasti bercerita ke teman2nya tentang itu. begitupun kalo tidak puas, mereka bisa nyumpah2 dan pasti bakalan cerita ke lebih banyak orang tentang ketidak-puasannya. Jadi berhati-hatilah dalam memilih orang untuk bertugas di situ, dan jangan lupa bekali mereka dengan ilmu tentang pelayanan prima.
Ada satu tempat yang membuatku senang datang kesana, yaitu Kidz Station yang letaknya di PIM. Te O Pe Be Ge Te deh para karyawannya, selalu menyambut kita dengan senyuman, dan selalu siap membantu kita tapi tidak menyebalkan. Cara ngomongnya pun enak dan tidak sok tau. Kan ada tuh tempat belanja yang karyawannya saking semangatnya membantu malah membuat kita tidak nyaman. kita diikuti kemana2 dan tidak berhenti ditanya2 mau nyari apa, nyebelin ga tuh? ga tahu apa kalo kita tuh mau refreshing kesini, kalo mau ditanya2 sih mending ke kantor polisi aja kaleeee...

Sekian dulu curcolku hari ini dan Terima Kasih

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo bank rakyat sendiri itu emang pelayanannya kebangetan deh mba, gak cuma karena kita ngutang urusan lain pun semisal ganti ATM mereka paling ribet.

btw salam kenal ya mba, sepertinya kita satu instansi :)

Bunda Bibi mengatakan...

Bener banget mba, tapi skrg udah mendingan dikitlah, kalo dulu kan kalo mau ganti ATM harus di tempat buka, gimana coba wong kita udah pindah kota, masa harus bela2in pergi kesana cuma buat ganti ATM, Zzzzzzzzzzzzzz
oh iya? duh seneng nih dapet kenalan baru. tugas dimana mba?

Posting Komentar